Jumat, 20 November 2015

kuliah sambil ngaji

pendidikan pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di indonesia. Lembaga pendidikan ini bisa bertahan kokoh yang menandakan bahwa islam tradisional dalam seg-segi tertentu masih dapat bertahan di tengah modernisasi. Pada awalnya dunia pesantren terlihat tidak mau menerima modernisasi sehingga pernah terjadi jarak antara pesantren dan dunia luar.

 Seiring dengan berjalanan bangsa kita, ketika lembaga-lembaga sosial yang lain belum berjalan secara fungsional pesantren teklah menjadi pusat kegiatan masyarakat dalam kegiatan belajar agama,bela dri, mengobati orang sakit, dan masih banyak lainnya. Tegasnya pesantren menjadi pendidikan yang unik, tidak saja karena keberadaannya yang sangat lama, tetapi juga karena budaya, metode dan model pendidikan yang diterapkan oleh pesantren sangat khas. Disamping itu pesantren juga memiliki jaringan sosial yang kuat dengan masyarakat dan sesama pesantren, karena sebagian besar pengasuh pesantren tidak hanya sama dalam pola fikirnya, paham keagamaannya, namun mereka mereka memiliki hubungan kekerabatan yang erat.
Pada perkembangannya pesantren mulai memasukkan ilmu-ilmu umum sebagai salah satu bentuk pengembangan wawasan warga pesantren dari orientasi ke-akhiratan menjadi berimbang dengan kehidupan duniawi. Penyelenggaraan pendidikan formal, yaitu madrasah dan sekolah umum, ‘hidup’ dalam satu atap pesantren. Dengan kata lain pendidikan formal diselenggarakan dalam lingkar budaya pesantren. Hal ini berimbas pada para lulusannya yang tidak lagi hanya dibekali ilmu-ilmu agama sehingga mereka bisa memasuki sekolah-sekolah formal yang lebih tinggi tingkatannya dalam sistem pendidikan nasional. silahkan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar